Cara Hapus Akun Bukalapak Secara Permanen Paling Aman

Anang Cahyono

Cara Hapus Akun Bukalapak

Hampir semua aplikasi e-commerce saat ini memberikan kemudahan kepada para pengguna ketika ingin menghapus akun, termasuk Bukalapak. Bahkan, kini pengguna Bukalapak juga bisa menutup atau bahkan hapus akun mereka secara permanen, entah itu bagi penjual maupun pembeli.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak pengguna mengeluhkan bahwa mereka merasa bingung terkait bagaimana cara hapus akun Bukalapak. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kini pihak Bukalapak sendiri tidak menyediakan fitur penghapusan akun secara langsung.

Dengan kata lain, nantinya pengguna harus menghubungi pihak Bukalapak terlebih dahulu ketika ingin hapus akun. Akan tetapi, untuk bisa menghapus akun Bukalapak secara permanen, pengguna harus memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuan yang diberlakukan oleh pihak perusahaan.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana ingin menghapus akun Bukalapak, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu tata caranya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara hapus akun Bukalapak secara permanen disertai persyaratannya.

Alasan Hapus Akun Bukalapak

Sebelum pembahasan poin utama mengenai tata cara hapus akun Bukalapak lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa alasan pengguna melakukan tindakan tersebut. Memang benar bahwa saat ini Bukalapak menghadirkan fitur-fitur terbaru yang tentunya memudahkan pengguna ketika berbelanja online.

Meskipun begitu, karena semakin berkembangnya teknologi pastinya membuat persaingan antar platform e-commerce atau marketplace di Indonesia semakin ketat. Maka dari itu, banyak orang merasa bingung pada saat ingin memilih salah satu dari sekian banyaknya aplikasi belanja online yang tersedia.

Selain hal tersebut, sebenarnya terdapat beberapa alasan lainnya yang membuat seseorang ingin menghapus akun Bukalapak. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa alasan ataupun tujuan pengguna menghapus akun Bukalapak.

  • Pengguna tidak lagi memakai Bukalapak karena sudah menggunakan marketplace lainnya.
  • Pengguna khawatir dengan bocornya data pribadi.
  • Pengguna tidak bisa melakukan verifikasi melalui telepon ataupun e-mail akun Google. Munculnya permasalahan ini bisa disebabkan karena nomor telepon yang telah didaftarkan sebelumnya sudah tidak aktif lagi. Sedangkan untuk akun gmail yang telah terdaftar, pengguna lupa password atau kata sandinya.
  • Pengguna tidak bisa melakukan perubahan informasi pada akun.
  • Pengguna mempunyai akun Bukalapak lainnya.
  • Pengguna ingin membuka toko lebih besar.
  • Pengguna ingin mengubah nomor HP terdaftar karena nomor sebelumnya sudah tidak aktif.
  • Pengguna ingin melakukan re-branding, mengganti nama serta tampilan toko tanpa mengubah nomor ponsel terdaftar.
  • Akun Bukalapak telah dibajak pihak tidak bertanggung jawab.

Syarat Hapus Akun Bukalapak

Ketika hendak mencari tahu bagaimana tata cara hapus akun Bukalapak secara permanen, tentunya kalian juga harus memahami apa saja syarat beserta ketentuannya. Sama halnya seperti marketplace pada umumnya, pihak Bukalapak memberlakukan syarat dan ketentuan yang harus dipahami oleh setiap penggunanya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya nantinya akan ada beberapa akibat maupun konsekuensi harus diterima pada saat pengguna memutuskan untuk menghapus akun Bukalapak. Oleh karena itu, berikut adalah sejumlah syarat hingga ketentuan yang perlu dipenuhi ketika ingin hapus akun Bukalapak.

  • Hapus akun Bukalapak hanya bisa dilakukan melalui fitur live chat di BukaBantuan.
  • Pastikan akun yang ingin dihapus mempunyai alamat email terdaftar di Bukalapak.
  • Sebelum hapus akun, lakukan pencairan ataupun penyelesaian transaksi sedang berjalan, terutama bagi pengguna BukaDompet, BukaEmas, BukaReksa hingga pinjaman online.
  • Menyetujui bahwa seluruh Credits, Voucherku dan saldo SEM BUDGET pada fitur Promoted Push Porduk milik akun penjual atau akun mitra akan hangus.
  • Formulir penghapusan akun Bukalapak wajib diunduh untuk melengkapi data beserta alasan menutup akun.
  • Melampirkan data seperti fotokopi KTP/SIM/Paspor hingga Swafoto.
  • Akun Bukalapak yang sudah diajukan untuk dihapus tidak bisa dibatalkan dan pihak Bukalapak berhak menolak pengajuan penghapusan akun.
  • Pengguna diwajibkan untuk tidak melakukan aktivitas transaksi apapun pada platform Bukalapak pada saat permintaan penghapusan akun sedang diproses.
  • Proses hapus akun Bukalapak bisa dilakukan secara instan dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam di hari kerja.
  • Ketika permintaan hapus akun telah disetujui, Bukalapak berhak menyimpan data tersebut selama masa retensi sesuai ketentuan berlaku.
  • Penghapusan akun akan dilakukan oleh pihak Bukalapak setelah melakukan validasi akun serta lampiran pendukung yang diberikan oleh pengguna.

Cara Hapus Akun Bukalapak

Setelah memahami beberapa alasan hingga syarat beserta ketentuan penghapusan akun Bukalapak, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana tata cara melakukannya secara aman. Seperti sudah disinggung di awal, saat ini penghapusan akun Bukalapak hanya bisa dilakukan melalui fitur live chat, dalam hal ini yaitu hampir mirip seperti pengaduan masalah.

Jadi, nantinya penjual dan agen maupun pembeli perlu mengisi formulir data diri beserta alasan jelas terkait penghapusan akun Bukalapak. Nah, daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara hapus akun Bukalapak untuk penjual dan pembeli secara permanen di bawah ini, entah itu di HP Android maupun iPhone.

1. Buka Aplikasi Bukalapak

Buka Aplikasi Bukalapak

Pertama-tama, silahkan buka dan jalankan aplikasi Bukalapak di ponsel kalian, entah itu di HP Android maupun iOS. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, pastikan kalian sudah memahami dan memenuhi semua syarat beserta ketentuan seperti sudah kami jelaskan di atas. Selain itu, pastikan juga bahwa koneksi jaringan internet di perangkat dalam keadaan stabil supaya aplikasi Bukalapak bisa berjalan lancar.

2. Masuk Menu Akun

Masuk Menu Akun

Pada halaman utama atau beranda aplikasi, nantinya kalian akan disuguhkan berbagai macam fitur dan layanan Bukalapak. Cara selanjutnya yaitu tinggal masuk ke menu Akun di bagian pojok kanan bawah layar.

3. Pilih Pengaturan

Pilih Pengaturan

Di menu Akun, nantinya akan ada sejumlah fitur yang bisa diakses oleh pengguna Bukalapak, entah itu untuk pembeli maupun penjual. Kami ingatkan sekali lagi bahwa penghapusan akun Bukalapak mempunyai cara serupa, entah itu bagi para penjual ataupun pembeli. Nah, untuk melanjutkannya silahkan scroll layar ke bawah sampai menemukan kolom Lainnya. Jika sudah, silahkan pilih Pengaturan.

4. Ketuk Hapus Akun Bukalapak

Ketuk Hapus Akun Bukalapak

Sesuai namanya, di dalam menu ini nantinya pembeli dan penjual akan menemukan berbagai macam opsi pengaturan akun Bukalapak. Karena disini kalian ingin menghapus akun, maka silahkan ketuk tombol Hapus akun Bukalapak.

5. Konfirmasi Hapus Akun Bukalapak

Konfirmasi Hapus Akun Bukalapak

Nantinya secara otomatis akan muncul pop up terkait konfirmasi penghapusan akun Bukalapak. Apabila kalian sudah menyetujui semua syarat dan ketentuan penghapusan akun Bukalapak, silahkan pilih opsi Ya, isi info penghapusan akun.

6. Isi Formulir Penghapusan Akun

Isi Formulir Penghapusan Akun

Cara selanjutnya tinggal mengisi formulir penghapusan akun Bukalapak sesuai dengan informasi tercantum di dalam akun pengguna, mulai dari nama hingga email terdaftar. Selain itu, lampirkan juga beberapa alasan hingga detail masalah yang menyebabkan kalian ingin menghapus akun Bukalapak. Sebaiknya berikan penjelasan secara singkat dan mudah dipahami.

7. Menghapus Akun Bukalapak

Menghapus Akun Bukalapak

Langkah terakhir, apabila semua data formulir sudah terisi, silahkan centang di bagian kolom syarat dan ketentuan. Untuk menghapus akun Bukalapak secara permanen, silahkan tekan tombol Kirim di bagian bawah layar. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka kalian hanya perlu menunggu respon jawaban dari pihak Bukalapak paling lambat dalam 24 jam.

Jika proses penghapusan akun Bukalapak disetujui oleh sistem, maka biasanya kalian akan mendapatkan balasan melalui email ataupun pesan SMS berisikan informasi penghapusan akun. Jadi, selalu periksa email maupun pesan SMS secara berkala selama pengajuan masih dalam proses validasi oleh sistem.

Source tutorial: youtube.com/@ZaesTV

Konsekuensi Hapus Akun Bukalapak

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ketika seseorang memutuskan untuk menghapus akun Bukalapak, maka tentunya mereka harus siap menerima konsekuensinya. Jadi, akibat ataupun konsekuensi penghapusan akun Bukalapak ini penting untuk dipertimbangkan sebelum melakukannya.

Pada intinya, konsekuensi yang perlu dipahami oleh pengguna sebelum menghapus akun Bukalapak sebenarnya tidak terlalu berdampak serius. Adapun beberapa konsekuensi yang perlu diperhatikan oleh pengguna ketika ingin menghapus akun Bukalapak yang lama secara permanen tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Akun Bukalapak tidak bisa diaktivasi kembali atau tidak dapat digunakan lagi.
  • Username, email atau akun Google hingga nomor telepon nantinya sudah tidak bisa digunakan kembali untuk membuat akun Bukalapak baru.
  • Credit di dalam akun akan dianggap hangus.
  • Data pengguna yang sudah masuk ke database Bukalapak tidak dapat dikembalikan.
  • Pihak Bukalapak tidak menanggung akibat dari kerugian yang mungkin pengguna alami akibat dari penghapusan akun.
  • Semua riwayat transaksi jual beli di akun Bukalapak akan hilang secara permanen.

Penyebab Gagal Hapus Akun Bukalapak

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara hapus akun Bukalapak disertai dengan beberapa syarat hingga ketentuan beserta konsekuensinya. Meskipun tutorial di atas terlihat mudah dilakukan, namun masih ada sebagian pelanggan Bukalapak mengeluhkan bahwa mereka tidak berhasil menghapus akunnya.

Dimana kegagalan penghapusan akun Bukalapak tersebut sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal karena kesalahan sistem atau faktor eksternal karena kesalahan pengguna. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa penyebab gagal menghapus akun Bukalapak.

  • Penghapusan akun dilakukan melalui alamat email berbeda. Pasalnya, penghapusan hanya bisa dilakukan oleh pengguna menggunakan akun yang alamat emailnya terdaftar di Bukalapak.
  • Terdapat transaksi berjalan dan saldo aktif di dalam fitur-fitur Bukalapak.
  • Masih melakukan transaksi jual beli ketika permintaan penghapusan akun Bukalapak sedang diproses oleh sistem.
  • Validasi akun Bukalapak gagal.
  • Aplikasi Bukalapak sedang dalam masa pemeliharaan (maintenance).

Pada intinya, supaya proses penghapusan akun Bukalapak dapat disetujui oleh sistem, kalian harus memastikan bahwa sudah tidak ada lagi transaksi sedang berjalan. Selain itu, gunakan alamat email terdaftar di dalam akun Bukalapak ketika ingin mengajukan formulir permintaan penghapusan akun.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini penghapusan akun Bukalapak untuk penjual atau mitra hingga pembeli hanya bisa dilakukan melalui fitur live chat di BukaBantuan. Selain itu, supaya proses penghapusan akun Bukalapak disetujui, maka pengguna harus memenuhi semua syarat dan ketentuannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari humairacorner.com seputar tata cara hapus akun Bukalapak secara permanen dan aman untuk akun pembeli maupun mitra. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin menghapus akun Bukalapak yang lama selamanya.

FAQ

Bagaimana cara menghapus akun Bukalapak?

Saat ini akun Bukalapak penjual dan pembeli bisa dihapus dengan cara mengisi formulir pengajuan melalui fitur live chat BukaBantuan.

Berapa lama proses penghapusan akun Bukalapak?

Proses validasi penghapusan akun Bukalapak bisa dilakukan secara instan dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam.

Kenapa pengajuan penghapusan akun Bukalapak ditolak?

Penolakan penghapusan akun Bukalapak biasanya disebabkan karena masih ada transaksi berjalan dan saldo pada fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi, seperti pada BukaEmas ataupun BukaReksa.

Anang Cahyono

Menekuni dunia SEO writing selama 5 tahun dengan minat terhadap dunia e-Commerce, fashion dan gaya hidup. Berlatar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight terkait beragam jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO supaya dapat mengembangkan tulisan ke arah digital.

Share:

Related Post