Cara Melihat PIN ShopeePay yang Lupa Tanpa Nomor HP

Anang Cahyono

Cara Melihat PIN ShopeePay

PIN menjadi hal penting perlu kalian ingat ketika ingin melakukan transaksi di Shopee menggunakan metode pembayaran ShopeePay. Namun sayangnya, banyak orang mengeluhkan bahwa mereka lupa PIN ShopeePay sehingga ingin melihat atau mengeceknya kembali.

Secara garis besarnya, sebenarnya saat ini ada beberapa cara bisa dilakukan ketika ingin melihat PIN ShopeePay. Akan tetapi, untuk bisa mengetahui PIN ShopeePay, nantinya pengguna perlu memenuhi sejumlah syarat, salah satunya yaitu nomor HP terdaftar masih aktif.

PIN ShopeePay sendiri mempunyai peran sangat vital, yaitu sebagai jalan masuk utama sebelum pengguna bisa bertransaksi menggunakan dompet digital tersebut. Jadi, ketika pengguna salah terus dalam memasukkan PIN ShopeePay, maka akan membuat transaksi tidak bisa diproses.

Maka dari itu, apabila kalian sedang lupa PIN ShopeePay, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara melihatnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara melihat PIN ShopeePay disertai beberapa persyaratannya.

Apa Itu PIN ShopeePay?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara melihat PIN ShopeePay lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya, PIN ShopeePay merupakan kode password berupa 6 digit angka atau nomor yang digunakan untuk memverifikasi identitas penggunanya.

Nantinya PIN ShopeePay dibutuhkan ketika pengguna menggunakan metode pembayaran ShopeePay, SPayLater maupun SPinjam untuk beragam transaksi. Jadi, dapat dikatakan bahwa PIN ShopeePay memiliki peran penting terkait keberhasilan transaksi para penggunanya di aplikasi.

Hal ini tentunya akan sangat berguna ketika ada orang lain yang menggunakan akun ShopeePay kalian namun mereka tidak mengetahui PIN atau passwordnya, maka transaksi tersebut tidak akan pernah bisa dilakukan. Oleh karena itu, PIN ShopeePay sebaiknya harus dijaga kerahasiaannya.

Syarat Melihat PIN ShopeePay

Ketika hendak melihat PIN ShopeePay, maka tentunya kalian juga harus memahami apa saja persyaratan hingga ketentuannya. Jadi, mematuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Shopee tidak hanya dibutuhkan ketika kalian ingin mendaftar ataupun mengaktivasi PIN ShopeePay saja.

Sebenarnya, syarat beserta ketentuan mengecek atau mengetahui PIN ShopeePay tergolong cukup ringan untuk dipenuhi oleh para penggunanya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah syarat dan ketentuan pengecekan PIN ShopeePay di dalam aplikasi.

1. Akun Shopee

Syarat pertama untuk bisa mengetahui PIN ShopeePay yaitu terkait dengan akun Shopee pengguna. Pastikan kalian sudah masuk atau login ke dalam akun Shopee, entah itu di perangkat smartphone Android dan iPhone maupun di komputer.

2. Fitur ShopeePay

Kemudian syarat selanjutnya yaitu berkaitan dengan fitur ShopeePay. Pastikan kalian sudah mendaftar dan mengaktifkan ShopeePay. Selain itu, pastikan juga bahwa fitur ShopeePay di akun Shopee sudah bisa digunakan untuk bertransaksi.

3. Nomor HP

Syarat terakhir yaitu nomor HP atau nomor telepon terdaftar di ShopeePay. Pastikan nomor HP tersebut masih aktif dan bisa menerima pesan SMS. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya untuk mengetahui PIN ShopeePay, nantinya membutuhkan kode verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan melalui pesan SMS.

Cara Melihat PIN ShopeePay

Setelah mengetahui sekilas pengertian, fungsi hingga syarat melihat PIN ShopeePay, maka selanjutnya tinggal memahami bagaimana tata cara melakukannya. Perlu diketahui, sebenarnya untuk saat ini pihak Shopee belum menyediakan fitur ataupun layanan yang bisa pengguna manfaatkan untuk cek kode keamanan transaksi ShopeePay.

Meskipun demikian, jangan khawatir karena masih ada beberapa cara bisa dilakukan ketika ingin mengetahui PIN ShopeePay, salah satunya yaitu dengan mengubah atau menggantinya. Jadi, cara ini bisa kalian manfaatkan ketika ingin mengubah PIN ShopeePay ketika lupa PIN ataupun kata sandi sebelumnya.

Secara garis besarnya, cara melihat PIN ShopeePay melalui fitur penggantian ini bisa dilakukan dengan mudah oleh semua pengguna Shopee. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara melihat PIN ShopeePay di smartphone atau komputer ketika lupa kode PIN sebelumnya.

1. Buka Shopee

Buka Shopee

Cara pertama, silahkan buka Shopee melalui aplikasi di smartphone Android dan iPhone ataupun melalui situs web di komputer serta laptop. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, pastikan terlebih dahulu perangkat yang kalian gunakan untuk mengakses Shopee mempunyai koneksi jaringan internet lancar.

2. Masuk Fitur ShopeePay

Masuk Fitur ShopeePay

Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi Shopee, nantinya kalian akan disuguhkan berbagai macam layanan dan fitur. Cara selanjutnya tinggal masuk ke fitur ShopeePay. Sebagai informasi tambahan, sebaiknya update aplikasi Shopee ke versi terbaru untuk menghindari adanya bug atau error di dalam aplikasi.

3. Pilih Menu Pengaturan

Pilih Menu Pengaturan

Pada halaman ini, nantinya kalian akan melihat berbagai macam informasi terkait ShopeePay, mulai dari jenis akun, fitur isi saldo, pembayaran, transfer saldo dan lain sebagainya. Nah, untuk melihat PIN ShopeePay, silahkan pilih menu Pengaturan dengan simbol gerigi (⚙️) di bagian pojok kanan atas layar.

5. Ketuk PIN & Autentikasi Biometrik

Ketuk PIN & Autentikasi Biometrik

Setelah itu akan muncul kembali beberapa setelan atau pengaturan terkait akun ShopeePay. Karena disini kalian ingin mengecek atau mengetahui PIN ShopeePay, maka silahkan ketuk opsi PIN & Autentikasi Biometrik.

6. Klik Ubah PIN ShopeePay

Klik Ubah PIN ShopeePay

Kemudian di dalam opsi PIN & Autentikasi Biometrik akan muncul kembali beberapa pilihan. Seperti sudah disinggung sebelumnya, saat ini pihak Shopee belum menyediakan fitur resmi yang bisa pengguna manfaatkan untuk melihat PIN ShopeePay. Maka dari itu, silahkan pilih opsi Ubah PIN ShopeePay.

7. Kirimkan Verifikasi Kode OTP

Kirimkan Verifikasi Kode OTP

Setelah itu akan muncul halaman Verifikasi Kode OTP. Nah, pada tahap ini, nantinya pihak Shopee akan mengirimkan kode OTP yang berisikan 6 digit angka melalui pesan SMS ke nomor telepon terdaftar di ShopeePay. Oleh sebab itu, pastikan nomor HP masih aktif dan bisa menerima pesan SMS. Jika sudah memastikan nomor HP masih aktif, tekan tombol Lanjutkan.

8. Input Verifikasi Kode OTP

Input Verifikasi Kode OTP

Selanjutnya periksa pesan SMS yang didapat dari pihak Shopee. Silahkan masukkan 6 digit kode OTP pada kolom yang sudah disediakan. Apabila tidak menerima kode OTP tersebut, kalian bisa memintanya kembali dengan menekan tombol Kirim Ulang.

9. Masukkan PIN Baru ShopeePay

Masukkan PIN Baru ShopeePay

Nantinya secara otomatis akan muncul halaman baru yang mengharuskan kalian membuat atau memasukkan PIN ShopeePay baru. Silahkan buat PIN ShopeePay baru sesuai keinginan. Sebaiknya buat PIN ShopeePay dengan menghindari angka beruntun atau berulang, namun mudah diingat.

10. Konfirmasi PIN Baru ShopeePay

Konfirmasi PIN Baru ShopeePay

Cara berikutnya yaitu konfirmasi PIN ShopeePay dengan memasukkan kembali PIN ShopeePay yang baru dibuat sebelumnya. Jika sudah, tekan tombol Konfirmasi. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka tentunya kalian sudah melihat dan membuat PIN ShopeePay baru.

Source tutorial: Tim humairacorner.com

Tips Membuat PIN ShopeePay

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara melihat PIN ShopeePay melalui HP ataupun komputer disertai sejumlah syarat beserta ketentuannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, PIN ShopeePay memiliki peran penting supaya transaksi pengguna menggunakan metode ShopeePay maupun SPayLater berhasil dilakukan.

Artinya, pembuatan PIN ShopeePay harus benar-benar bisa diingat oleh pengguna, namun mempunyai peluang besar untuk tidak diketahui orang lain. Oleh karena itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips membuat PIN ShopeePay mudah diingat namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.

  • Hindari membuat PIN ShopeePay menggunakan tanggal lahir dengan kombinasi DDMMYY.
  • Hindari membuat PIN ShopeePay menggunakan angka repetitif, sebagai contoh 000000 atau 123123.
  • Hindari membuat PIN ShopeePay mengunakan pola keyboard ataupun kombinasi biasa digunakan, sebagai contoh 123456.
  • Hindari mendaur ulang PIN ShopeePay yang pernah digunakan.
  • Hindari membuat PIN ShopeePay sama dengan aplikasi dompet digital lainnya.
  • Hindari membuat PIN ShopeePay dengan PIN orang lain, contohnya PIN suami dibuat serupa dengan PIN istri.
  • Hindari membuat PIN ShopeePay berkaitan dengan nomor HP/telepon rumah/extension kantor.
  • Gunakan angka 0 sampai 90 untuk membuat PIN ShopeePay secara acak dan susah ditebak oleh orang lain.

Penyebab Gagal Melihat PIN ShopeePay

Meskipun tata cara melihat PIN ShopeePay tergolong mudah dilakukan, namun masih ada sebagian pengguna mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukan tutorial di atas. Biasanya munculnya permasalahan gagal melihat PIN ShopeePay dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Mungkin permasalahan paling sering dialami oleh pengguna Shopee yaitu mereka tidak mendapatkan kode verifikasi OTP melalui pesan SMS ataupun WhatsApp. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa hal yang menjadi penyebab gagal melihat PIN ShopeePay.

  • Koneksi jaringan internet buruk.
  • Belum update aplikasi ke versi terbaru.
  • Sinyal operator jaringan seluler lemah.
  • Aplikasi sedang dalam pemeliharaan (maintenance).
  • Server sedang mengalami gangguan.

Risiko Salah Memasukkan PIN ShopeePay

Di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu cara untuk melihat PIN ShopeePay yaitu dengan mengganti PIN lama dengan PIN baru. Biasanya perubahan PIN ShopeePay akan diproses secara langsung sehingga pengguna dapat menggunakan PIN ShopeePay baru untuk melakukan beragam transaksi.

Namun, terdapat sebuah ketentuan berlaku kepada para pengguna ShopeePay ketika mereka salah memasukkan PIN saat melakukan transaksi. Ketika pengguna salah memasukkan PIN ShopeePay sebanyak 10 kali dalam kurun waktu 5 menit, maka mereka tidak diperbolehkan untuk mengganti PIN selama 30 menit kedepan.

Sementara jika pengguna salah memasukkan PIN ShopeePay sebanyak 11 kali dalam kurun waktu 1×24 jam, maka akan mereka akan dinonaktifkan secara permanen oleh pihak Shopee. Jika sudah sampai dinonaktifkan secara permanen oleh pihak Shopee, sebaiknya hubungi customer service untuk mencari solusinya.

Keuntungan Menggunakan ShopeePay

Hadirnya ShopeePay di dalam aplikasi Shopee tentunya sangat menguntungkan bagi para penggunanya, entah itu untuk penjual maupun pembeli. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab ShopeePay tidak hanya bisa digunakan untuk belanja maupun transaksi di aplikasi Shopee saja.

Bahkan, melansir dari berbagai macam sumber terpercaya, ShopeePay menjadi salah satu platform dompet digital paling populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat. Nah, sebagai informasi tambahan, berikut akan kami berikan sejumlah keuntungan ketika menggunakan ShopeePay.

  • Membantu pembeli menerima pengembalian dana atau refund dari pihak seller Shopee.
  • Untuk berbelanja menggunakan QRIS Shopee di merchant yang menyediakan metode pembayaran menggunakan Shopee.
  • Pembayaran menggunakan ShopeePay di merchant offline berkesempatan memberikan cashback dan promo menarik kepada para pengguna asalkan memenuhi syarat beserta ketentuan berlaku.
  • Berfungsi sebagai alat pembayaran digital atau e-wallet pada umumnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini pengecekan PIN ShopeePay hanya bisa dilakukan dengan cara mengganti PIN lama dengan PIN baru. Selain itu, cara ini juga sebenarnya tidak dapat dilakukan tanpa nomor HP, karena nantinya akan ada kode OTP yang dikirim ke nomor telepon terdaftar di akun ShopeePay.

Demikian sekiranya penjelasan dari Humairacorner.com seputar tata cara melihat PIN ShopeePay yang lupa tanpa ganti nomor HP dilengkapi dengan sejumlah tips mengingat PIN ShopeePay. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mencari tahu PIN ShopeePay.

Anang Cahyono

Menekuni dunia SEO writing selama 5 tahun dengan minat terhadap dunia e-Commerce, fashion dan gaya hidup. Berlatar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight terkait beragam jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO supaya dapat mengembangkan tulisan ke arah digital.

Share:

Related Post