Cara Mengubah Alamat Toko di Tokopedia Paling Praktis!

Anang Cahyono

Menambahkan alamat toko di online shop seperti Tokopedia tentunya sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang penjual atau seller. Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi ataupun alasan tertentu yang mengharuskan penjual harus mengubah alamat toko di Tokopedia.

Mungkin sebagian besar dari kalian bertanya-tanya apakah penjual bisa merubah alamat toko di Tokopedia atau tidak. Secara garis besarnya, setiap penjual di Tokopedia diperbolehkan untuk mengubah alamat toko sesuai dengan kebutuhan serta keinginan mereka masing-masing.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak pengguna mengeluhkan bahwa mereka belum memahami bagaimana cara mengubah alamat toko di Tokopedia. Untungnya, kini perubahan alamat toko tersebut sudah dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi maupun situs desktop.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian berencana ingin merubah alamat toko di Tokopedia, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu tata caranya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara mengubah alamat toko di Tokopedia bagi para penjual.

Pentingnya Alamat Toko di Tokopedia

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengubah alamat toko di Tokopedia lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah disinggung di awal, menambahkan atau mengisi alamat di online shop menjadi sebuah kewajiban bagi para penjual di Tokopedia.

Salah satu manfaat adanya alamat lengkap toko di online shop Tokopedia yaitu memberitahu pelanggan bahwa penjual mempunyai toko offline resminya, jika memang memilikinya. Hal tersebut akan membuat tingkat kepercayaan pelanggan terhadap toko milik penjual menjadi semakin tinggi.

Selain itu, melengkapi alamat toko di Tokopedia juga nantinya akan memudahkan kurir dalam melakukan pick up barang pengiriman yang tersedia. Sebagai seorang penjual yang ingin meningkatkan performa penjualan di Tokopedia, tentu kalian tidak ingin kurir lama dalam menjemput barang.

Oleh karena itu, pastikan alamat toko di Tokopedia sebagai titik lokasi penjemputan paket diisi secara lengkap dengan mencantumkan nama jalan atau nama perumahan, nomor rumah, RT/RW, kelurahan, kecamatan hingga kode pos. Penjual juga bisa mengatur pinpoint (GPS) alamat toko di Tokopedia.

Cara Mengubah Alamat Toko di Tokopedia

Setelah memahami pentingnya menambahkan alamat toko di Tokopedia, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana cara mengubahnya. Perlu diketahui, pengubahan alamat toko di Tokopedia sebenarnya bisa didasarkan dari berbagai macam alasan, salah satunya yaitu karena memang toko offline pindah ke tempat baru.

Apabila alamat toko di Tokopedia dirubah, maka tentunya setiap kegiatan yang berlangsung di toko tersebut akan dilakukan ke alamat toko baru, termasuk proses pick up barang pesanan pelanggan. Jadi, pastikan kalian mengubah alamat atau lokasi toko di Tokopedia sesuai kebutuhan dengan alasan yang jelas.

Berbicara mengenai pengubahan alamat toko di Tokopedia, saat ini para penjual bisa melakukan tindakan tersebut melalui dua cara, yakni lewat aplikasi serta situs web. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mengubah alamat toko di Tokopedia dengan mudah melalui aplikasi maupun desktop berikut ini.

Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh penjual ketika ingin mengubah alamat toko di Tokopedia yaitu melalui aplikasi, entah itu di HP Android maupun iOS. Hal tersebut tentu dapat dilakukan karena memang di dalam aplikasi Tokopedia sudah tersedia fitur untuk mengoptimalkan informasi toko online.

Apabila dilihat dari segi langkah-langkahnya juga tergolong cukup mudah, asalkan memahami tahapan-tahapannya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-biak cara mengubah alamat toko di Tokopedia melalui aplikasi di HP Android ataupun iPhone berikut ini.

1. Buka Aplikasi Tokopedia

Buka Aplikasi Tokopedia

Pertama-tama, buka dan jalankan aplikasi Tokopedia di smartphone kalian. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah update aplikasi Tokopedia ke versi terbaru serta perangkat mendapatkan akses koneksi jaringan internet stabil.

2. Pilih Menu Lainnya

Pilih Menu Lainnya

Setelah berada di halaman utama atau beranda aplikasi Tokopedia, maka akan muncul berbagai macam produk ataupun layanan yang ditawarkan kepada para penggunanya. Untuk melanjutkannya, silakan pilih menu Lainnya dengan simbol ikon tiga garis horizontal di bagian pojok kanan atas layar.

3. Masuk ke Toko Tokopedia

Masuk ke Toko Tokopedia

Pada halaman ini, maka layar akan menampilkan informasi akun yang terdaftar di dalam Tokopedia. Di dalam halaman tersebut juga akan tampil toko online milik kalian di Tokopedia sebagai salah satu aplikasi belanja online terbaik. Cara selanjutnya, silakan masuk ke toko Tokopedia.

4. Ketuk Pengaturan Toko

Ketuk Pengaturan Toko

Jika sudah berhasil masuk ke halaman toko Tokopedia, nantinya akan muncul beragam informasi penting terkait performa toko. Langkah berikutnya, gulir layar ke bawah sampai menemukan opsi Pengaturan Toko. Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.

5. Pilih Tambah dan Ubah Lokasi Toko

Pilih Tambah dan Ubah Lokasi Toko

Setelah itu akan muncul beberapa opsi terkait pengaturan toko di Tokopedia, termasuk alamat atau lokasi toko. Oleh karena itu, cara berikutnya tinggal memilih opsi Tambah dan ubah lokasi toko.

6. Tekan ubah Detail Lokasi

Tekan ubah Detail Lokasi

Nantinya secara otomatis akan muncul daftar alamat aktif toko di Tokopedia yang sudah pernah kalian masukkan atau buat sebelumnya. Untuk mengubah ataupun menambahkannya, silakan tekan tombol Ubah Detail Lokasi.

7. Mengubah Alamat Toko

Mengubah Alamat Toko

Tahap ini menjadi poin penting perlu diperhatikan. Silakan ubah alamat toko di Tokopedia dengan lengkap mulai dari nama lokasi, kota atau kecamatan hingga kode pos. Kalian juga bisa menandai lokasi melalui fitur Pinpoint Lokasi, jika memang area sudah tercover oleh Tokopedia.

8. Simpan Perubahan

Simpan Perubahan

Langkah terakhir, tekan tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan titik lokasi baru untuk toko di Tokopedia. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara mengubah alamat toko di Tokopedia melalui aplikasi di HP Android maupun iOS berhasil dilakukan.

Source tutorial: Tim humairacorner.com

Situs Web

Selain melalui aplikasi di smartphone Android maupun iPhone, pengubahan alamat toko di Tokopedia juga bisa dilakukan melalui situs web resminya, dalam hal ini yaitu melalui Seller Tokopedia. Dimana situs web tersebut sebenarnya lebih diutamakan bagi penjual yang ingin mengakses toko online versi desktop.

Situs web Seller Tokopedia tersebut tentunya bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, mulai dari penambahan catatan toko, pengubahan alamat dan lain sebagainya. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan mengenai cara mengubah alamat toko di Tokopedia melalui situs web Seller Tokopedia versi desktop.

1. Login ke Seller Tokopedia

Login ke Seller Tokopedia

Langkah pertama, silahkan akses situs resmi Seller Tokopedia di seller.tokopedia.com/landing. Pada halaman ini, nantinya kalian akan diminta untuk login ke dalam akun penjual Tokopedia menggunakan nomor HP atau email terdaftar. Selain itu, kalian juga sebenarnya bisa login menggunakan Scan Kode QR melalui aplikasi Tokopedia.

2. Masuk ke Pengaturan Toko

Masuk ke Pengaturan Toko

Setelah berada di halaman utama atau dashboard situs web Seller Tokopedia, nantinya akan ada berbagai macam fitur yang ditawarkan kepada para pelanggan. Silakan cari dan masuk ke dalam opsi Pengaturan Toko di bagian kolom sebelah kiri.

3. Pilih Lokasi

Pilih Lokasi

Apabila sudah masuk ke dalam opsi Pengaturan Toko, maka akan muncul beragam pengaturan yang dapat dilakukan ke toko online di Tokopedia. Karena disini kalian ingin mengubah alamat toko di Tokopedia, maka silakan masuk ke sub kolom Lokasi.

4. Tekan Tombol Ubah

Tekan Tombol Ubah

Nantinya akan muncul daftar lokasi atau alamat aktif toko di Tokopedia. Untuk mulai mengubah ataupun menambahkan detail alamat toko, silakan tekan tombol Ubah di bagian sebelah kanan layar.

5. Ubah Alamat Toko Tokopedia

Ubah Alamat Toko Tokopedia

Cara berikutnya tinggal mengubah alamat toko sesuai dengan kebutuhan serta keinginan, mulai dari nama lokasi, kota/kecamatan hingga kode pos. Sama halnya seperti saat mengubah alamat lewat aplikasi, melalui situs web ini juga penjual bisa menambahkan pinpoint lokasi toko.

6. Simpan Alamat Baru Toko

Simpan Alamat Baru Toko

Setelah berhasil mengubah alamat toko, tekan tombol Simpan Perubahan untuk mengonfirmasi tindakan. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka tata cara mengubah alamat toko di Tokopedia melalui situs web versi desktop berhasil dilakukan.

Source tutorial: Tim humairacorner.com

Penyebab Tidak Bisa Mengubah Alamat Toko di Tokopedia

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara mengubah alamat toko di Tokopedia melalui aplikasi ataupun situs web resminya. Meskipun terlihat mudah dilakukan, namun masih ada sebagian pengguna mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat mengubah alamat toko.

Sebenarnya kegagalan dalam mengubah lokasi toko di Tokopedia bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satu penyebab paling umum terjadi yaitu karena kalian memasukkan label alamat toko yang melebihi batas maksimal karakter, yakni 30 karakter.

Selain itu, penjual yang mengalami kegagalan dalam mengubah alamat toko juga bisa disebabkan karena daerah ataupun lokasi pinpoint belum tercover hijau pada peta Tokopedia. Untuk mengatasi kendala tersebut, sebaiknya hubungi pihak customer service Tokopedia melalui fitur live chat lewat aplikasi maupun situs web resminya.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Humairacorner.com seputar tata cara mengubah alamat toko di Tokopedia lewat aplikasi maupun situs web disertai dengan sejumlah kendala paling umum terjadi. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin menambahkan ataupun merubah alamat toko di Tokopedia.

Anang Cahyono

Menekuni dunia SEO writing selama 5 tahun dengan minat terhadap dunia e-Commerce, fashion dan gaya hidup. Berlatar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight terkait beragam jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO supaya dapat mengembangkan tulisan ke arah digital.

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar