Kenapa Shopee Tidak Bisa Checkout A02? Penyebab dan Solusi!

Anang Cahyono

Sebagian dari kalian mungkin pernah mengalami kegagalan transaksi ketika ingin checkout pesanan di Shopee, salah satu contohnya muncul kode error A02. Namun, apakah kalian tahu kenapa Shopee tidak bisa checkout pesanan dan justru muncul peringatan dengan kode error A02?

Secara garis besarnya, kenapa Shopee tidak bisa checkout dengan kode error A02 bisa disebabkan karena adanya pelanggaran kebijakan platform. Seperti diketahui, ketika pelanggan melanggar kebijakan Shopee, tentu akan ada sebuah konsekuensi atau sanksi yang harus diterima.

Oleh karena itu, sebagai seorang pengguna Shopee kalian harus mengetahui kenapa tidak bisa checkout barang yang ditandai dengan munculnya kode error A02. Selain itu, kalian juga harus memahami apa langkah penanganan yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan di salah satu aplikasi belanja online terbaik tersebut.

Nah, apabila di antara kalian mengalami permasalahan serupa seperti di atas, ada baiknya pahami terlebih dahulu seluk beluknya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai kenapa Shopee tidak bisa checkout A02 mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Arti Shopee Tidak Bisa Checkout A02

Sebelum memahami apa penyebab hingga cara mengatasi kenapa Shopee tidak bisa checkout A02 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian ataupun definisinya. Seperti halnya gagal checkout Shopee Food K05, kegagalan transaksi dengan kode error A02 merupakan sebuah aktivitas yang telah melanggar kebijakan platform.

Dimana kode gagal transaksi Shopee A02 tersebut sudah tertera di pada point di dalam pedoman komunitas Shopee. Pada umumnya, pelanggan akan mendapatkan kode Gagal (A02) yang berisikan sebuah peringatan, salah satu contohnya yaitu seperti “Akun Anda telah dibatasi dari aktivitas pembelian dan penjualan karena melanggar Kebijakan Shopee“.

Melalui peringatan tersebut, dapat diartikan bahwa kode gagal checkout A02 merupakan sebuah notifikasi pembatasan akses akun karena pelanggan Shopee terbukti melakukan pelanggaran komunitas. Selain itu, munculnya kode error Shopee juga biasanya akan disertai dengan penyebab hingga solusi mengatasinya.

Penyebab Kenapa Shopee Tidak Bisa Checkout A02

Setelah memahami apa arti Shopee tidak bisa checkout A02, maka selanjutnya tinggal memahami apa penyebab permasalahan tersebut muncul ada akun penggunanya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, penyebab utama kenapa pengguna tidak bisa belanja serta muncul kode A02 yaitu karena mereka melanggar kebijakan Shopee.

Namun, sayangnya biasanya notifikasi kode Gagal A02 tersebut tidak disertai dengan jenis pelanggaran kebijakan secara spesifik yang dilakukan oleh para penggunanya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah penyebab kenapa Shopee tidak bisa checkout serta muncul kode Gagal A02.

1. Adanya Aktivitas Mencurigakan

Penyebab pertama kenapa Shopee tidak bisa checkout A02 yaitu karena adanya aktivitas mencurigakan di dalam akun pelanggannya. Sebagaimana diketahui, sistem Shopee bisa mendeteksi berbagai macam aktivitas yang dicurigai melanggar pedoman komunitas Shopee. Sistem tersebut nantinya akan membatasi atau bahkan memblokir akun yang bermasalah.

2. Telat Bayar Tagihan SPayLater

Penyebab selanjutnya kenapa pelanggan tidak bisa checkout lalu muncul kode error A02 yaitu karena adanya tagihan SPayLater yang belum dibayar oleh penggunanya. Jika memang telat bayar SPayLater, maka biasanya pengguna tidak bisa checkout pesanan, bahkan akun mereka juga bisa dibatasi.

Namun, terdapat sebuah kasus lainnya saat pelanggan tidak mempunyai tagihan Shopee PayLater, namun mereka tetap mendapatkan kode A02 tersebut. Usut punya usut, ternyata terdapat sebuah akun yang dianggap terhubung sebagai teman atau kerabat oleh sistem Shopee dan akun tersebut mempunyai tagihan SPayLater yang belum dibayarkan.

3. Melanggar Kebijakan Shopee

Penyebab terakhir kenapa Shopee tidak bisa transaksi A02 yaitu karena adanya pelanggaran kebijakan Shopee lainnya. Aktivitas pelanggaran kebijakan Shopee tersebut tentunya bisa berasal dari berbagai macam faktor, seperti melanggar ketentuan umum produk, spam, pemalsuan identitas, fake order dan lain sebagainya.

Jika memang pelanggan terbukti bersalah atau melanggar kebijakan pedoman Shopee, maka tentunya akun mereka akan dibatasi sehingga tidak bisa melakukan checkout pesanan. Bahkan beberapa akun juga terkadang akan diblokir secara permanen oleh sistem Shopee karena melakukan kasus pelanggaran berat.

Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Checkout A02

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai penyebab kenapa Shopee tidak bisa checkout A02, entah itu bagi akun penjual maupun pembeli. Apabila di antara kalian mengalami permasalahan serupa seperti di atas, jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk mengatasi gagal checkout di Shopee dengan kode tersebut, tentunya kalian harus memahami apa penyebab permasalahannya secara pasti. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik solusi ataupun tata cara mengatasi tidak bisa checkout A02 di Shopee berikut ini.

1. Update Aplikasi Shopee

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi gagal checkout di Shopee yaitu mengupdate atau memperbarui aplikasi ke versi terbarunya. Salah satu tujuannya yaitu agar nantinya kalian bisa mendapatkan update sistem terbaru dari Shopee sehingga terhindar dari bug ataupun error lainnya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa pastikan kalian mengunduh atau menginstall aplikasi Shopee secara resmi di Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS. Jadi, jangan sekali-sekali menginstall ataupun menggunakan aplikasi Shopee yang berasal dari pihak ketiga.

2. Bayar Tagihan SPayLater

Seperti sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab kenapa Shopee tidak bisa checkout A02 yaitu karena adanya tagihan SPayLater yang belum dibayar. Jika memang hal tersebut merupakan penyebab permasalahannya, silakan lunasi tagihan Shopee PayLater terlebih dahulu, lalu lanjutkan checkout pesanan.

3. Ajukan Banding Akun

Sebagian besar dari kalian mungkin sudah memahami bahwa banding merupakan sebuah tindakan pembelaan dari tindakan pelanggaran berdasarkan bukti-bukti yang ada. Dalam kasus ini, pelanggan dapat mengajukan bandung apabila mereka merasa tidak melakukan pelanggaran pedoman komunitas Shopee.

Untuk mengajukan banding, kalian bisa mengirimkan kalimat pernyataan mengenai kendala akun dibatasi disertai bukti ke email resmi Shopee di [email protected]. Adapun beberapa data yang perlu disertakan ketika ingin mengajukan banding akun Shopee lewat email tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Untuk Pembeli:
    • KTP.
    • Bukti transaksi seperti pembelian, pembayaran, transfer ataupun penggantian data akun.
  • Untuk Penjual:
    • Foto identitas seperti KTP, kartu pelajar ataupun kartu pegawai.
    • Foto Izin Usaha (jika ada).
    • Bukti pengiriman produk.
    • Bukti kepemilikan produk.
    • Informasi lengkap mengenai bisnis.

4. Hubungi Customer Service Shopee

Cara terakhir untuk mengatasi gagal checkout di Shopee karena adanya pelanggaran pedoman komunitas yaitu menghubungi customer service (CS) resminya. Kalian bisa menghubungi customer service Shopee melalui live chat di dalam aplikasi, panggilan telepon ataupun lewat email.

Ketika sedang berkomunikasi dengan customer service Shopee, silakan utarakan keluhan dengan jelas, dalam hal ini yaitu gagal checkout. Biasanya pihak Shopee akan memberikan penjelasan terkait penyebab hingga solusi ataupun solusi untuk mengatasi permasalahannya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Humairacorner.com seputar kenapa Shopee tidak bisa checkout A02 mulai dari arti, penyebab hingga cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika tidak bisa checkout barang pesanan di Shopee.

Anang Cahyono

Menekuni dunia SEO writing selama 5 tahun dengan minat terhadap dunia e-Commerce, fashion dan gaya hidup. Berlatar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight terkait beragam jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO supaya dapat mengembangkan tulisan ke arah digital.

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar